PILAR INDONESIA - HMJ PMI UIN BANDUNG

Breaking

SALAM PEMBERDAYA!

Selasa, 17 September 2019

PILAR INDONESIA



                                                            Oleh : Destia Rahmawati
                                              Email: destiarahmawati2312@gmail.com

Kita adalah satu bangsa yang menghadapi beberapa challenge. Di dalam challenge ada tantangan-tantangan Nasional maupun tantangan pribadi-Internasional. Di dalam segala keadaan adalah persoalan das sein dan das sollen. Yang dimaksud das sollen ialah tentang bagaimana harusnya, bagaimana yang kita cita-citakan, bagaimana yang kita angan-angankan. Sedangkan das sein ialah tentang kenyataannya. Jadi antara das sollen dengan das sein terkadang tidak sama.

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang lahir karena keanekaragaman dan perbedaan yang dipersatukan oleh kesadaran bersama untuk hidup sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat. Belajar dari sejarah bahwa keanekaragaman dapat memicu terjadinya konflik yang susah payah dan penuh pengorbanan telah dapat diatasi, sehingga sekarang bangsa Indonesia dapat tetap menjadi utuh sebagai suatu bangsa yang beranekaragam. Keberagaman inilah yang menjadi identitas nasional bangsa Indonesia yang harus dipertahankan agar tidak luntur karena kemajuan jaman yang sangat pesat pada saat ini. Dengan adanya Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika menjadi saling berkaitan sehingga membentuk komponen yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia.

Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi pilar kehidupan bangsa Indonesia ini sangat berperan dalam menopang terbentuknya karakter bangsa. Ke Empat Pilar ini bagaikan pondasi atau tiang suatu bangunan. Dimana tiang-tiang penyangga ini saling berhubungan satu sama lain sehingga dapat berdiri dengan sangat kokoh. Jika penopang yang satu tak kuat, maka akan berpengaruh terhadap penopang yang lainnya. Pada akhirnya tak ada yang tak mungkin jika bangunan tersebut akan hancur secara bertahap. Oleh karena itu, kita harus bisa menjaga keutuhan ke Empat Pilar bangsa Indonesia ini.

Saat ini adalah jamannya bagi para pemuda untuk berkarya dengan sebaik-baiknya. Ide-ide baru dari para pemuda kini terus dinanti kontribusinya. Bangsa saat ini masih terus menunggu para pemuda memberikan pencerahan dalam perjalanan hidup ini. Oleh karena itu, karakter seorang pemuda yang harus dimiliki saat ini haruslah sesuai dengan jaman dan persaingan global. Karakter yang harus melekat dalam hatinya adalah berpikir secara global, berinisiatif yang tinggi, kuat jasmani maupun rohani, empati serta peduli.

Empat Pilar Kebangsaan ini diharapkan tidak hanya bersifat teoritis saja yakni hanya sebatas teori belaka tanpa adanya pengaktualisasian atau pembuktian melalui perbuatan. Dan juga harus meningkatkan sosialisasi perihal ini untuk mengenalkan lebih dalam tentang Empat Pilar Kebangsaan agar tingkat kesadaran masyarakat terutama generasi muda bisa berkembang sehingga tidak bersifat apatis terhadap bangsa Indonesia ini.
·         
                   Terus menanamkan rasa cinta tanah air agar tidak mudah terpengaruh arus globalisasi
·         Mencoba untuk mempelajari nilai-nilai Pancasila dan menanamkannya dalam kehidupan sehari-hari
·         Sebagai masyarakat yang baik harus selalu bersikap aktif terhadap program pemerintah
·         Terus memajukan kerja pemerintah agar semakin baik dan mampu membina warga menuju bangsa yang adil dan makmur

   TENTANG PENULIS

      penulis adalah salah seorang mahasiswi PMI yang berasal dari Cikampek Kabupaten Karawang, Lahir pada tanggal 23 Desember 1999. Bernama Destia Rahmawati Anak kedua dari dua bersaudara. Hobi penulis tak lain ialah menulis, Fotografi dan menggambar. beberapa tulisannya sudah di publikasikan di berbagai Media Massa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VISITASI MANAJEMEN PELATIHAN PRODI PMI UIN IMAM BONJOL PADANG DI PRODI PMI UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Salam Aktif dan Progresif!                       Telah berlangsung kegiatan Visitasi Praktek mata kuliah Management Pelatihan...