Sejarah Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam - HMJ PMI UIN BANDUNG

Breaking

SALAM PEMBERDAYA!

Kamis, 11 April 2019

Sejarah Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam




            Sejak awal berdiri prodi PMI tahun 1995, Prodi PMI fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah menetapkan development and empowerment sebagai pijakan program studi PMI. Orientasi kebaikan hidup dan kemandirian masyarakat (social Reliance) adalah inspirasi yang di usung oleh jurusan PMI.
            Social economic engenering mengandung arti bahwa prodi PMI Fakultas Dakwah dan Komunikasi memiliki komitmen mengembangkan economic quality dalam bentuk kemapanan, kemandirian dan membangun relasi sosial-ekonomi yang lebih berdaya. Enviropment Development mengandung pengertian bahwa sivitas akademika prodi PMI merupakan pribadi yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan, membangun nilai-nilai social health sebagai kemestian dan keniscayaan dalam bermasyarakat : Social Enpowerment menitikberatkan bahwa sivitas akademika prodi PMI memiliki kepercayaan diri untuk melakukan mobilitas dan mengembangkan masyarakat. Academic and Society Development mengandung arti bahwa sivitas akademika prodi PMI memiliki komitmen mengedukasi sumber saya insani yang cerdas, kreatif, dan inovatif.
            Sivitas akademika prodi PMI memiliki semangat untuk menjadikan lulusan dapat memainkan peranan optimal dalam kegiatan kemasyarakatan. Komitmen ini merupakan bentuk tanggung jawab sivitas akademika prodi PMI dalam membangun sumber daya insani bangsa yang mayoritas Muslim. Prodi PMI juga bertujuan menjadi sumber perumusan nilai keislaman yang sejalan dengan nilai-nilai kebaikan dan kemandirian masyarakat. Oleh karena itu, sivitas akademika prodi PMI sesuai dengan rumusan Visi dan Misi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung menawarkan nilai ilmu pengetahuan dalam perspektif integrasi wahyu memandu ilmu. Mainstream ini diharapkan menjadi spirit untuk mewujudkan prodi PMI sebagai rumah madani bagi sivitas akademika, dan menghasilkan alumni yang memiliki kedalaman dan keluasan ilmu, ketulusan hati, dan kepribadian kokoh pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.



1 komentar:

  1. Jurusan PMI, solusi tepat dalam membangun peradaban umat. 😃

    BalasHapus

VISITASI MANAJEMEN PELATIHAN PRODI PMI UIN IMAM BONJOL PADANG DI PRODI PMI UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Salam Aktif dan Progresif!                       Telah berlangsung kegiatan Visitasi Praktek mata kuliah Management Pelatihan...